Sistem Informasi Pengadaan Langsung (SIMPEL)

Sistem Informasi Pengadaan Langsung (SIMPEL)

simpel

Biro layanan pengadaan memiliki wewenang dalam pelaksanaan pengadaan barang atau jasa yang ada di lingkup pemerintahan sesuai dengan perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Langsung pemerintah, dilaksanakan secara elektronik atau e-procurement. Salah satu metode pengadaan barang yang disusun dalam perpres nomor 54 tahun 2010 adalah pengadaan barang metode langsung dengan jumlah pengadaan tidak lebih dari 200.000.000,- untuk paket pengadaan Barang/Jasa dan tidak lebih dari 50.000.000,- untuk Pengadaan Jasa Konsultasi. Pengadaan Langsung pemerintah bertujuan untuk mendapatkan barang yang berkualitas dengan melakukan pembelian langsung kepada penyedia yang sebelumnya dilakukan suevey harga. Dengan melakukan pengadaan langsung pejabat pengadaan tidak perlu membuat pelelangan atau kontrak sebagai bukti perjanjian karena Sejatinya metode pemilihan penyedia hingga penggunaan tanda bukti perjanjian adalah untuk mendapatkan barang/jasa sesuai kebutuhan.

Sistem Informasi pengadaan barang jasa Langsung dapat membantu dalam peningkatan tata kelola dokumen pengadaan barang jasa secara langsung dan akan mendukung bagian kesekretariatan dalam meningkatkan efisiensi waktu persiapan pelaksanaan pengadaan barang jasa dilingkungan Pemerintah.

2

DASAR HUKUM

  1. Pasal 1 ayat 32 menyebutkan Pengadaan Langsung adalah Pengadaan Barang/Jasa langsung kepada Penyedia Barang/Jasa, tanpa melalui Pelelangan/ Seleksi/Penunjukan Langsung. Pasal 39 ayat 1 berbunyi Pengadaan Langsung dapat dilakukan terhadap Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa Lainnya yang bernilai paling tinggi Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)
  2. Menurut Perka LKPP No. 14 tahun 2012 secara umum dibagi kedalam dua metode yaitu pembelian langsung dan permintaan penawaran. Dari sisi pembelian, pengadaan langsung diatur diantaranya dengan pasal 39 ayat (1) Perpres 54 tahun 2010 sebagaimana diubah terakhir dengan Perpres nomor 70 tahun 2012 dengan nilai paling tinggi sampai dengan Rp. 200 juta untuk non konsultansi dan pasal 45 Perpres

 

Kelebihan SIMPEL Khasanah Konsutama

  • Dapat menampilkan informasi mengenai resuman total semua pengadaan langsung maupun pengadaan langsung yang sedang dalam proses.
  • Dapat menampilkan informasi mengenai paket kegiatan yang digunakan untuk manajemen data kegiatan yang diusulkan menjadi paket kegiatan.
  • Data ditampilkan dengan sangat informatif melalui desain yang user friendly didukung animasi chart yang juga mampu menampilkan data berdasarkan filter yang tersedia.
  • Sistem pengadaan barang jasa Langsung ini sudah terintegrasi dengan sistem pengadaan barang/jasa.
  • Sistem dapat memberikan cetakan laporan yang dibutuhkan oleh Pejabat Pengadaan sehingga sistem pelaporan menjadi sangat mudah dilakukan.