Sistem Pantau Harga

Sistem Pantau Harga

pantau harga

Harga pangan merupakan salah satu indikator yang dapat menjelaskan kondisi ketahanan pangan suatu wilayah. Pengamatan terhadap kondisi harga bahan pangan dapat berguna untuk berbagai hal seperti ketersediaan pasokan, permintaan, kelancaran distribusi pangan, kondisi perdagangan di pasar internasional, dampak implementasi kebijakan pemerintah, daya beli masyarakat, kesejahteraan petani/produsen, dsb. Dengan menganalisis informasi harga pangan, akan dapat dirumuskan kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan harga dan ketahanan pangan. Agar kebijakan dapat dirumuskan dengan tepat dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, diperlukan adanya data dan informasi harga pangan yang akurat, tepat waktu, objektif dan konsisten, melalui rangkaiana kegiatan pemantauan, pengumpulan, kompilasi, pengolahan dan analisis data.

Mengingat besarnya implikasi ketersediaan informasi harga pangan terhadap kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah, maka diperlukan sistem/aplikasi yang bisa mengakomodir hal tersebut yaitu sistem pantau harga (Electronic Commodity Filling).

Dengan adanya sistem pantau harga upaya penyebar luasan informasi data harga pangan dapat dilaksanakan dengan mudah dan efisien.

18_a

Kelebihan Sistem Pantau Harga Khasanah Konsultama

  1. Sistem bisa menampilkan harga komoditi bahan pokok di pasar-pasar besar sehingga dapat memudahkan masyarakat umum baik penjual ataupun pembeli untuk mengakses informasi tentang patokan harga bahan pokok.
  2. Desain sistem yang simpel dan user friendly sehingga memudahkan penggunaannya bagi pengguna baru.