Cara Menanam Tomat yang Mudah di Rumah, Bisa di Tanah

Cara menanam tomat

Cara Menanam Tomat yang Mudah di Rumah, Bisa di Tanah

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tanaman dari keluarga nightshade yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dari Meksiko hingga Peru. Tomat merupakan tanaman dengan siklus hidup yang pendek, tingginya dapat mencapai 1 sampai 3 meter.

Tanaman ini memiliki buah berwarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dijadikan lalapan di piring atau dimakan mentah tanpa diolah. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dimakan karena masih satu keluarga dengan kentang dan terong yang mengandung alkaloid.

Pahami tomat dan manfaatnya
Budidaya tomat

Cara menanam tomat berbiji dulu setelah tanam 4 lembar daun asli baru kemudian ditanam (biji dulu). Panen dimulai 9 minggu setelah tanam berikutnya setiap 5 hari.

Baca Juga: 11 Tahapan Menanam Jahe Merah di Polybag dan Analisisnya
Kondisi untuk menanam tomat

iklim

Tergantung pada varietasnya, tanaman tomat dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tomat dapat tumbuh baik di dataran tinggi (lebih dari 700 m dpl), di dataran tengah (200 m – 700 m dpl) dan di dataran rendah (kurang dari 200 m dpl). Faktor suhu dapat mengubah warna buah.

Pada suhu tinggi (diatas 32°C) warna buah tomat cenderung kuning, sedangkan pada suhu tidak teratur warna buah cenderung tidak merata. Suhu ideal dan efek yang baik pada warna tomat adalah antara 24 ° C – 28 ° C, yang umumnya sesuai dengan warna merah yang seragam. Kondisi suhu dan kelembaban yang tinggi mempengaruhi pertumbuhan, produksi dan kualitas tomat. Kelembaban relatif yang dibutuhkan tanaman tomat adalah 80%. Tanaman tomat membutuhkan sinar matahari minimal 10-12 jam per hari (Sastrahidayat. 1992).

negara

Tanaman tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh di semua tempat, dari dataran rendah sampai dataran tinggi (pegunungan) untuk pertumbuhan yang baik. Tanaman tomat membutuhkan tanah yang gembur, pH asam antara 5-6, tanah dengan sedikit pasir dan banyak humus, dan penyiraman yang teratur dan memadai. Mulai menanam sampai panen dimulai.

Berdasarkan jenis pertumbuhannya, dibedakan antara jenis tomat yang pasti dan tidak pasti. Tanaman tomat tertentu memiliki pola pertumbuhan batang vertikal yang terbatas dan akhirnya tumbuh organ vegetatif (akar, tangkai daun), sedangkan tomat tidak aman memiliki kemampuan untuk terus tumbuh dan karangan bunga tidak ditemukan di setiap buku dan di ujung batang beech.

Tanam tunas muda. Tanaman tomat terdiri dari dua spesies dengan lima kelopak berbulu hijau dan dua kelopak (Tugiyono Hery, 2002). Pemupukan terjadi 96 jam setelah penyerbukan dan buah matang 45 sampai 50 hari setelah pembuahan. Persentase penyerbukan sendiri pada tanaman tomat adalah 95% – 100%.
Sifat-sifat benih tomat yang baik

Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam, sebaiknya disesuaikan dulu dengan kondisi lokasi. Jika negara tersebut berada di dataran tinggi, pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi dan sebaliknya.

Tomat dapat tumbuh dari biji/biji dan juga dari biji. Cara menanam tomat dari biji (biji), sebaiknya memilih bibit yang berkualitas (produksi tinggi dan tahan penyakit). Bibit tomat dapat diperoleh di toko pertanian terdekat dengan merek yang berbeda dari perusahaan benih yang berbeda. Sedangkan bibit tomat dapat diperoleh dari pembibitan tomat yang khusus menjual bibit.

Setelah mendapatkan benih berkualitas baik, rendam benih tomat dalam 1 gelas (200cc) POC GDM selama ± 2 jam, bertujuan agar benih tumbuh sempurna dan bebas dari penyakit tular benih. Kemudian semai benih pada substrat semai yang terbuat dari campuran tanah, arang dan pupuk kandang (perbandingan 3:2:1) lalu siram dengan larutan GDM BLACK BOS. Untuk menyiapkan larutan, 1 kg GDM BLACK BOS dicampur dalam 100 liter air kemudian dituangkan ke dalam media semai.

Tujuan pengairan media semai dengan BLACK BOS adalah untuk mencegah penyakit tular tanah dan menambah unsur hara pada media semai. Agar bibit tomat tumbuh sehat dan bebas penyakit dengan nutrisi yang cukup. Proses penyemaian tomat dilakukan untuk mendapatkan bibit tomat yang sehat dan berkualitas.

Sumber :