Apa Itu Core Web Vitals & Cara Optimasinya (Video)

Apa itu Data Web Inti? Ini definisi dan cara optimasinya

Apa Itu Core Web Vitals & Cara Optimasinya (Video)
Apa itu Data Web Inti?

Dikutip dari sumber resmi Google, Core Web Vitals merupakan sejumlah faktor penting bagi Google untuk menilai kenyamanan pengunjung saat mengakses sebuah website. Secara tidak langsung, Core Web Vitals juga mempengaruhi SEO website. Apa itu SEO? Anda dapat memeriksa apa itu SEO di sini

Bagi sebagian orang, Core Web Vitals saat ini dianggap sebagai faktor peringkat yang dapat meningkatkan posisi situs web, memungkinkannya muncul di peringkat teratas hasil pencarian. Selain berhati-hati dalam memilih paket hosting domain gratis murah, juga sangat penting bagi para blogger dan web developer untuk mempelajari teknik optimasi yang satu ini agar website tetap berjalan lancar.
Indikator Vital Web Inti
1. Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS)

Indikator pertama yang menjadi metrik Web Vitals inti adalah CLS, atau Pergeseran Tata Letak Kumulatif. Seperti namanya, indikator ini memiliki fungsi utama untuk menunjukkan pergeseran visual yang terjadi pada elemen halaman website selama proses loading.

Misalnya, saat memasang spanduk atau tombol iklan, sebaiknya buat wadah atau penghalang elemen agar tidak bergeser di layar perangkat pengguna.
2. Warna Konten Terbesar (LCP)

Cat atau LCP Contentful Terbesar adalah indikator vital web utama yang ada di sini untuk menilai kecepatan memuat halaman. Google merekomendasikan nomor LCP dalam rentang 2,5 detik sebagai persyaratan penyelesaian, sisa situs Anda perlu ditingkatkan untuk mencapai skor Core Web Vitals.
3. Penundaan Masuk Pertama (FID)

Dan indikator Web Vitals penting yang terakhir adalah First Input Delay atau biasa dikenal dengan FID. FID adalah metrik yang menunjukkan kemampuan pengguna untuk melakukan interaksi pertama setelah halaman situs web dimuat sepenuhnya. Jumlah minimum FID menurut Pedoman Webmaster Google adalah dalam kisaran 100 milidetik.
Kiat untuk Mengoptimalkan Vital Web Inti

Berikut adalah beberapa tips untuk digunakan sebagai pedoman jika Anda ingin meningkatkan skor Core Web Vitals Anda. Banyak keberuntungan!
1. Menggunakan web hosting terbaik

Kiat pertama yang dapat Anda coba untuk mengoptimalkan skor vital web inti Anda adalah beralih ke paket hosting dengan sumber daya yang lebih baik. Untuk mengoptimalkan kecepatan situs web, sangat disarankan untuk menggunakan VPS (Virtual Private Server) untuk menghindari berbagi sumber daya dengan situs web lain.
2. Kompres file

Di antara banyak tips untuk mengoptimalkan Skor Vital Web Inti Anda, mengompresi file adalah salah satu yang paling efektif. Mulai sekarang Anda dapat mengatur batas atas ukuran file tidak lebih dari 100kb.

Selain itu, selain .JPG atau .PNG, Anda juga dapat menggunakan ekstensi .WEBP, sehingga ukuran file bisa lebih kecil tanpa mengorbankan kualitas gambar.
3. Sederhanakan kode CSS dan JavaScript

Penyederhanaan file CSS dan Javascript adalah salah satu usulan Google untuk membuat website Anda lebih cepat ketika diakses dari koneksi yang berbeda.

Anda dapat mulai menghapus fitur yang tidak perlu seperti penyematan musik, elemen spanduk popup, kode iframe, dan aspek lain yang kurang bermanfaat bagi pengguna.
4. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Para blogger dan web developer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah CDN (Content Delivery Network). Belakangan ini fitur CDN semakin populer dan banyak digunakan setelah Cloudflare memberikan fasilitas CDN gratis kepada semua pengguna.

Anda juga dapat menggunakan fasilitas gratis dari Cloudflare jika Anda tidak memiliki dana untuk menggunakan CDN berbayar, tetapi ingat bahwa sesuatu yang gratis memiliki batasan dan aturan yang harus diikuti.
5. Gunakan templat pemuatan cepat

Alternatif lain untuk mengoptimalkan Core Web Vitals Score dengan cepat dan efisien adalah dengan memasang fast loading template. Istilah fast loading theme sendiri muncul karena developer sengaja membuat template yang bisa diakses cepat dan script minimal yang bisa diakses pembaca tidak penting.

Jadi bagaimana Anda memilih templat yang memuat cepat? Karena setiap situs web memiliki persyaratan yang berbeda, cara yang paling efektif adalah dengan menjalankan pengujian langsung.

Anda dapat mencari beberapa kandidat template dan kemudian menginstalnya satu per satu. Jangan lupa untuk menjalankan tes kecepatan dari tautan ini untuk mengukur skor vital web inti Anda.

Sumber :