Hal yang Membatalkan Puasa, Makan dan Minum Disengaja

Hal yang Membatalkan Puasa, Makan dan Minum Disengaja

Hal yang membatalkan puasa menjadi hal yang perlu diketahui, karena puasa merupakan aktivitas mulia yang wajib dilakukan umat muslim. Juga karena puasa akan mendatangkan keberkahan juga pahala, sehingga kesalahan-kesalahan dalam berpuasa harus dihindari.

Hal-yang-Membatalkan-Puasa,-Makan-dan-Minum-Disengaja

  1. Alasan

Berpuasa merupakan menahan diri dari berbagai hal yang membatalkan puasa. Salah satunya adalah menahan diri dari makan dan minum di siang hari saat berpuasa sampai waktu berbuka.

  1. Jenis makanan yang membatalkan

Semua jenis makanan dan minuman yang masuk ke kerongkongan, hal tersebut dapat membatalkan puasa. Apabila makan dan minum tersebut dilakukan secara sengaja, namun jika Anda melakukannya tanap sadar atau lupa itu tidak membuat batal.

Tapi Anda harus segera mengeluarkan makanan atau minuman yang masih tersisa di dalam mulut. Kemudian berkumur dan Anda bisa melanjutkan kegiatan berpuasa hingga waktu berbuka tiba, ini merupakan keringanan dari syariat Allah Swt.

  1. Bagaimana Cara Membayar Kesalahan Tersebut?

Anda bisa mengganti dengan puasa di hari lain di luar bulan Ramadhan. Dengan niat mengqadha puasa atau membayar utang puasa.

  1. Yang Wajib Diqadha dan Membayar Fidyah

Orang-orang yang tidak berpuasa karena uzur syar’i seperti ibu hamil dan ibu menyusui boleh makan dan minum. Boleh makan dan minum secara sengaja namun diutamakan adab dengan tidak melakukannya dihadapan orang yang sedang berpuasa.

Untuk ibu hamil dan menyusui jika karena faktor ibunya yang tidak mampu berpuasa. Maka kewajibannya membayar utang puasa di hari lain di luar Ramadhan.

Akan tetapi jika kekhawatirannya juga pada anaknya maka kewajiban membayar utangnya adalah mengqadha di luar Ramadhan. Juga membayar fidyah pada hari itu.

  1. Diwajibkan untuk Mengqadha

Jika Anda sedang mengalami sakit atau dalam perjalanan jauh diperbolehkan untuk makan dan minum. Namun berarti Anda batal puasa dan harus mengganti atau mengqadhanya di luar Ramadhan.

Demikianlah berbagai informasi terkait hal yang membatalkan puasa. Semoga bermanfaat, tetap semangat meraih rida Allah Swt dengan puasa Ramadhan