Contoh Kisi-Kisi Soal Bahasa Inggris SBMPTN Beserta Kunci

Rate this post

Contoh Soal dan Kunci Jawaban SBMPTN Bahasa Inggris

kisi-soal-sbmptn

Halo sobat IBI semua, pada kesempatan kali ini IBI akan membahas tentang contoh soal SBMPTN Bahasa Inggris sebagai bahan pembelajaran bagi sobat IBI yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi negeri, untuk itu mari simak contoh soal berikut ini.

Soal Kisi SBMPTN Bahasa Inggris

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan 1-5
Apa yang menyebabkan bulimia nervosa tidak jelas, tetapi mungkin karena kombinasi dari riwayat keluarga, ciri-ciri kepribadian tertentu (seperti perfeksionisme) dan nilai-nilai sosial (seperti mengagumi ketipisan). Risiko mengembangkan bulimia meningkat jika orang tua atau saudara Anda memiliki kondisi tersebut. Peristiwa stres seperti perceraian atau kematian orang yang dicintai dapat memicu bulimia pada beberapa orang, kebanyakan remaja dan wanita muda.

Selain itu, banyak remaja putri memiliki sikap yang tidak sehat terhadap makan dan terhadap tubuh mereka sehingga mereka mungkin secara sosial mengizinkan dan mempromosikan perilaku destruktif seperti diet ekstrem atau makan berlebihan dan memuntahkan. Jika tidak diobati dengan benar, bulimia dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Masalah kesehatan yang disebabkan oleh bulimia antara lain ketidakseimbangan elektrolit dan masalah jantung, kerusakan gigi, osteoporosis, dehidrasi dan masalah ginjal, peradangan, pembengkakan kelenjar air liur, pingsan, detak jantung tidak normal, suhu tubuh rendah, risiko bunuh diri, dll.

Ada juga masalah kesehatan mental lainnya, seperti depresi, kecemasan, gangguan kepribadian ambang, gangguan obsesif-kompulsif, serangan panik dan fobia. Seperti semua gangguan makan, bulimia adalah kondisi fisik dan psikologis yang kompleks yang memerlukan perawatan yang tepat. Perawatan berfokus pada perubahan perilaku dan berurusan dengan sikap dan perasaan yang lebih dalam untuk menghindari siklus pesta-pembersihan.

Perawatan mungkin dalam bentuk konseling psikologis (seperti terapi kognitif-perilaku CBT, atau terapi interpersonal) atau obat antidepresan. Keduanya adalah perawatan jangka panjang yang mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk bekerja. Ada juga perawatan lain yang mungkin bisa membantu. Konseling gizi dapat membantu menghindari diet yang tidak sehat. Konseling kelompok dapat meningkatkan terapi individu. Terapi keluarga juga dapat membantu anggota keluarga karena mengajarkan tentang gangguan dan cara untuk membantu. Teknik manajemen stres (seperti berolahraga, menulis, relaksasi) juga dapat menciptakan harga diri yang lebih baik.

  • 1. Manakah dari berikut ini yang paling tepat menyatakan topik teks ini?
    A. Kombinasi penyebab bulimia
    B.Penyebab dan Pengobatan Bulimia
    C. Bulimia di kalangan remaja putri
    D. Serangkaian gangguan makan jangka panjang
    E.Masalah kesehatan fisik dan mental
  • 2. Gagasan utama teks ini adalah …
    A. Bulimia adalah kondisi yang kompleks
    B. Bulimia tidak memiliki penyebab yang jelas
    C. Bulimia membutuhkan pengobatan yang tepat dan jangka panjang
    D. Kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan fisik dan mental.
    E.Konseling fisik dan obat antidepresan dapat menyembuhkan bulimia.
  • 3. Tersirat dalam teks bahwa bulimia dapat menyebabkan …
    A. Diabetes tipe 1
    B. Berat badan bertambah
    C.Penggunaan obat yang berlebihan
    D.muntah
    E.sakit gigi
  • 4. Manakah dari pengobatan berikut ini yang tidak berhubungan dengan bulimia?
    A. Konseling kelompok
    B. Terapi perilaku-kognitif
    C.Olahraga dan olahraga
    D.vaksin
    E. Prozac
  • 5. Informasi berikut ini benar tentang bulimia yang disebutkan dalam teks, KECUALI bahwa bulimia…
    A. Sebagian besar menyerang wanita muda dan remaja.
    B.Dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.
    C. Tidak dapat dirawat di rumah.
    D. Berhubungan dengan perilaku destruktif yang dapat diterima secara sosial.
    E. Memiliki siklus binge-purge

Semua orang suka mengelompokkan sesuatu. Siswa bahasa mengelompokkan kata sebagai kata kerja, kata benda dan sebagainya; kumpulan kata-kata diklasifikasikan sebagai frasa, atau klausa, atau kalimat, dan ini lagi direklasifikasi sesuai dengan fungsinya. Dengan cara yang sama, ahli botani mengklasifikasikan tanaman sebagai ganggang, atau jamur, atau gymnospermae, dll. Ahli zoologi mengklasifikasikan hewan sebagai vertebrata dan menyelidiki. Vertebrata dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai mamalia, reptil, burung, ikan, dll.

Klasifikasi memungkinkan kita untuk menyimpan lebih banyak informasi dan, jika didasarkan pada data yang benar, memungkinkan kita untuk lebih memahami ide-ide yang kita pelajari. Ahli kimia tidak terkecuali. Klasifikasi kimia bahan, jika didasarkan pada sistem yang baik, seharusnya memungkinkan kita untuk lebih memahami banyak zat yang ada dalam kata kita. Apa yang menjadi dasar klasifikasi kita? Mungkin yang paling kentara adalah penampilan.

Bahan dapat diklasifikasikan sebagai padat, cair atau gas dengan beberapa jenis campuran seperti, misalnya, lumpur menjadi bahan padat/cair dan uap bahan cair/gas. Penampilan dapat memungkinkan kita untuk membagi lagi kelompok klasifikasi utama kita sedikit lebih jauh; padatnya bisa berwarna hijau, atau hitam, bubuk atau kristal; cairan mungkin berwarna, berminyak, kental, atau mengalir bebas; gas mungkin berwarna. Namun, kami segera menyadari bahwa banyak bahan yang mungkin sangat berbeda memiliki penampilan yang sama. Baik udara maupun gas karbon monoksida yang mematikan, adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, tetapi kita akan

Bahan dapat diklasifikasikan sebagai padat, cair, atau gas, dengan beberapa jenis campuran, misalnya, lumpur menjadi bahan padat / cair dan uap menjadi bahan cair / gas. Penampilan mungkin memungkinkan kita untuk membagi lagi kelompok klasifikasi utama kita sedikit lebih jauh; padatnya bisa berwarna hijau atau hitam, bubuk atau kristal; cairannya bisa berwarna, berminyak, kental atau mengalir bebas; gasnya bisa berwarna. Namun, kami dengan cepat menemukan bahwa banyak kemungkinan bahan yang sangat berbeda terlihat sama. Baik udara maupun gas karbon monoksida yang mematikan adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, tetapi kami tidak ingin mengelompokkannya. Banyak cairan yang berbeda tidak berwarna, bahan seperti air.

  • 6. Contoh-contoh dalam paragraf 2 memperjelas bahwa ….
    A. Banyak jenis cairan harus dikelompokkan menjadi satu
    B. Berbagai jenis gas bisa tidak berwarna dan tidak berbau.
    C. Bahan dalam kimia harus diklasifikasikan secara berbeda
    D. Bahan kimia memiliki klasifikasi yang lebih rumit.
    E. Taksonomi dapat dibuat dan diterapkan pada bidang lain.
  • 7. Paragraf 2 menggambarkan gagasan klasifikasi bahwa ….
    A. Bahan kimia dapat berupa padat, cair, dan gas.
    B. Penampilan bukanlah dasar yang berguna dalam kimia.
    C. Penggunaan warna lebih baik daripada penampilan.
    D. Baik warna dan penampilan harus dipertimbangkan
    E. Warna harus disertakan untuk mengidentifikasi penampilan.
  • 8. Kalimat “ahli kimia tidak terkecuali” (paragraf 2, baris 1) mungkin dapat ditulis ulang menjadi….
    A. Zat kimia juga dapat dimasukkan dalam klasifikasi.
    B. Klasifikasi zat kimia tidak terkecuali.
    C. Ahli kimia juga dapat mengklasifikasikan bahan menurut kriteria tertentu.
    D. Jika penampilan adalah fondasinya, ahli kimia tidak terlibat.
    E. Bahan kimia tidak boleh dipertimbangkan saat mengklasifikasikan bahan.
  • 9. Paragraf berikut ini kemungkinan besar berkaitan dengan klasifikasi ….
    A. Flora dan fauna
    B.suara manusia
    C. Cairan dan gas
    D.perilaku manusia
    E. Kata dan kalimat.
  • 10. Bagaimana penulis mengorganisasikan ide-idenya?
    A. Cantumkan gagasan utama dengan contoh.
    B. Penyebab sekarang diikuti oleh akibat
    C. Interpretasi dari berbagai jenis klasifikasi
    D. Penyajian kekuatan klasifikasi
    E. Mengungkapkan detail pendukung dalam urutan kronologis

Kunci Jaaban

  • 1. B. Penyebab dan pengobatan bulimia
  • 2. C. Bulimia membutuhkan pengobatan yang memadai dan jangka panjang
  • 3. E. Sakit gigi
  • 4. D. Vaksin
  • 5. C. Tidak bisa dirawat di rumah.
  • 6. D. Bahan kimia memiliki klasifikasi yang lebih kompleks
  • 7. A. Bahan kimia dapat berupa padat, cair dan gas.
  • 8. A. Zat kimia juga dapat dimasukkan dalam klasifikasi.
  • 9. C. Cairan dan gas
  • 10. A. Menyajikan gagasan utama dengan contoh-contoh.

Demikian materi pada kesempatan kali ini yaitu penjelasan tentang contoh kisi-kisi soal bahasa inggris SBMPTN beserta kunci jamabannya. Semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan bahan belajar bahasa Inggris sobat IBI semua.

Sumber :