8 Cara Mencegah HP Android agar Tidak Hilang, atau Dicuri

8 Cara Mencegah Hp Android Hilang, atau Dicuri

8 Cara Mencegah HP Android agar Tidak Hilang, atau Dicuri

Smartphone (HP) Android semakin diminati, dan semakin banyak orang yang kehilangan smartphone Androidnya. Kehilangan HP Android memang sangat menyakitkan, apalagi jika ponsel tersebut merupakan ponsel mahal dengan spesifikasi yang garang.

Akan lebih menyakitkan lagi, jika banyak data, foto, video, dan kata sandi login yang tersimpan di ponsel hilang. Ketakutan diretas menjadi nyata.

Untungnya, Anda masih dapat menemukan ponsel Android Anda yang hilang dengan bantuan layanan Google Find My Device, meskipun pada akhirnya ponsel Android Anda tidak dapat ditemukan. ️

Kehilangan smartphone Android yang mahal, apalagi semua data, foto, video, kontak, atau history chat yang tidak dibackup, sangat menyakitkan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, dan agar HP Android kamu tidak hilang, kamu perlu melakukan tips di bawah ini. Meski trik ini tidak menutup kemungkinan HP masih bisa hilang, setidaknya kesempatan untuk menemukannya akan lebih mudah.
#1 Selalu Aktifkan GPS atau Lokasi di Ponsel Android

lokasi aktif gps ponsel cerdas

GPS atau Lokasi di smartphone Android disarankan untuk selalu aktif. Tidak hanya memudahkan saat ingin mengunjungi suatu tempat secara manual, namun juga memudahkan saat smartphone Android Anda hilang.

Google menyediakan layanan Temukan Perangkat Saya. Layanan ini sudah terkoneksi dengan Google Maps di Android, yang melacak lokasi smartphone kemanapun ia pergi. Berangkat kerja, ke sekolah/kampus, travelling, atau kemana-mana, smartphone akan berada.

Ketika itu hilang, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Anda hanya perlu menggunakan Find My Device di PC Anda, login dengan akun Google yang sama, dan cari jejak terakhir lokasi smartphone yang hilang hingga ditemukan kembali. Sekalipun tidak menemukannya, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengamankan semua isi data.

Baca Juga : Cara Menemukan Hp Android Yang Hilang
#2 Memasang Aplikasi Berguna Saat HP Hilang atau Dicuri

Jika ponsel Android Anda rentan hilang atau dicuri, Anda mungkin ingin menginstal sejumlah aplikasi yang berguna saat ponsel cerdas Anda hilang atau dicuri. Lookout atau Cerberus mungkin bisa jadi pilihan.

Lookout nantinya akan mengamankan smartphone beserta isi datanya dengan fitur-fitur pintar. Lookout dapat mengambil foto dari kamera depan smartphone atau memberikan alarm ke email jika terjadi sesuatu yang mencurigakan, misalnya jika kartu SIM dilepas, smartphone dimatikan, atau mode pesawat terdeteksi aktif.

lookout mencegah ponsel hilang

Sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika menggunakan Lookout versi gratis. Anda perlu berlangganan versi premium, yang biayanya sekitar $3 per bulan.

Unduh Lookout di Google Play

Cerberus juga bisa menjadi pilihan saat smartphone belum hilang. Ini juga memiliki fitur pintar seperti Lookout. Hebatnya, Cerberus versi premium jauh lebih murah, yakni hanya sekitar $5 per tahun.

harga cerberus mencegah hp hilang

Cerberus bahkan memiliki fitur yang lebih lengkap. Dapat mengirimkan notifikasi atau alarm ponsel yang hilang melalui SMS, dan bukan hanya email. Ketika hal-hal yang mencurigakan terjadi, smartphone akan mengambil gambar secara otomatis melalui kamera depan.

cerberus

Anda bahkan dapat membuat fungsi otomatis lainnya dengan Cerberus seperti IFTTT. Misalnya saat baterai smartphone habis, Cerberus bisa mengirimkan lokasi smartphone; ketika kata sandi yang salah dimasukkan, Cerberus dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Unduh Cerberus di Google Play

Menggunakan aplikasi untuk mencegah ponsel Android Anda hilang, atau untuk mengantisipasi agar lebih mudah ditemukan saat hilang, sangat berguna dan penting jika hanya smartphone yang Anda pegang.
#3 Menggunakan Akun Masuk di Ponsel Cerdas, dan Mengaktifkan Sinkronisasi

Login ponsel cerdas Google android

Agar nantinya semua data atau informasi pribadi yang Anda simpan di smartphone Anda tidak hilang, sangat penting untuk menggunakan akun untuk login ke smartphone Anda, dan mengaktifkan sinkronisasi.

Di Android, Anda dapat menggunakan akun Google untuk menyimpan daftar aplikasi yang telah Anda instal di ponsel cerdas Anda, bersama dengan data aplikasi, hingga pengaturan Android yang dicadangkan ke akun Google.

aplikasi google play store agar hp tidak hilang

Sama halnya dengan akun Microsoft di Windows 10 PC/Mobile, atau akun ID Apple yang digunakan di seluruh perangkat Apple, seperti iPhone dan Mac. Smartphone dengan nama pintar di depannya, selalu hadir dengan fitur sinkronisasi melalui akun-akun tersebut.

Lebih khusus lagi, aplikasi chat seperti LINE dan WhatsApp memiliki fitur sinkronisasi kontak chat, bahkan riwayat chat. YouTube juga menyimpan daftar video yang diunduh di smartphone. Juga, Google Chrome di PC dan di Android menyimpan riwayat penelusuran, jika Anda masuk ke aplikasi dengan akun Google.

Sumber :