Pengertian File, Jenis, Fungsi Beserta Menurut Para Ahli

Definisi file

pengertian-file

Definisi file adalah kumpulan data dan informasi yang saling terkait dan juga disimpan di penyimpanan sekunder. Pengertian file ini juga bisa diartikan sebagai arsip atau data yang disimpan di komputer.

Secara konseptual, file ini terdiri dari beberapa tipe, termasuk tipe data yang terdiri dari karakter, angka, dan file biner. Ada juga file tipe program.

Pada dasarnya, file disimpan dalam folder tertentu di komputer tergantung di mana pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing file ini memiliki ekstensi yang berbeda bergantung pada jenis file.

Pengertian ekstensi file ini adalah karakter yang membedakan satu jenis file dengan yang lain. Misalnya, file gambar memiliki ekstensi jpg, gif, png, dan sebagainya. File video ini berekstensi mpeg, avi, mp4, wmv, dan lainnya.

Pahami file menurut para ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu komputer juga pernah membahas tentang pengertian file, diantaranya sebagai berikut:

1. Menurut McLeod (Pearson)

Definisi dari file ini adalah kumpulan dari record-record yang berhubungan satu sama lain, mis. Misalnya, satu file dari semua rekaman yang berisi bidang untuk kode kursus dan namanya.

2. Menurut Rachmad Hakim S.

Yang dimaksud dengan file adalah kumpulan dokumen yang memuat informasi tertentu dan dapat dibuka dengan program komputer tertentu.

3. Setelah Edi S Mulyanta

Yang dimaksud file ini adalah urutan data yang digunakan untuk menyandikan informasi digital dan berguna untuk pertukaran dan penyimpanan data.

4. Menurut Hendrayudi

Yang dimaksud dengan file adalah data yang disimpan pada suatu media dan berisi informasi tentang ukuran file, tanggal dan waktu disimpan, properti file, nama file dan atribut file.

Jenis file di komputer dan fungsinya

Sehubungan dengan definisi file yang dijelaskan di atas, kata untuk file ini mengacu pada bidang komputerisasi. Tentunya setelah kita memahami apa itu file, kita juga perlu mengetahui jenis file apa saja yang ada di komputer.

Jenis file yang ditemukan di komputer memiliki banyak format. Berikut ini adalah jenis-jenis file di komputer Anda berdasarkan format file tersebut:

1. Sistem file

Beberapa ekstensi dalam sistem file termasuk sys, com, bak, bat, tmp, dan exe. Sistem file ini digunakan untuk menjalankan program di komputer sesuai dengan tujuannya, serta menjalankan berbagai aplikasi yang diinstal di komputer.

2. File video

Beberapa ekstensi untuk file video termasuk mpg, wmv, mp4, 3gp, avi, flv, KV. Masing-masing ekstensi ini menunjukkan bahwa setiap video memiliki jenis pemutar yang berbeda.

Tidak semua jenis video dapat diputar dengan software yang biasanya diinstal di komputer. Ada berbagai jenis video yang hanya dapat diputar dengan perangkat lunak tertentu.

3. File dokumen

Beberapa ekstensi untuk file dokumen termasuk doc, odt, doc, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing ekstensi ini menunjukkan jenis file dokumen dan hanya dapat dibuka jika komputer telah menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang sesuai.

4. File gambar

Beberapa ekstensi file gambar antara lain JPG, JPEG, PNG, GIF, TIF, dan lainnya. Secara umum, gambar yang dihasilkan oleh kamera digital atau kamera manual memiliki ekstensi jpg atau jpeg.

Gambar dengan ekstensi tif, png, dan lainnya biasanya merupakan hasil dari menyimpan software tertentu seperti Photoshop, CorelDraw, AutoCad, dan lain-lain.

5. File audio

Beberapa ekstensi file suara ini termasuk WAV, MP3, MIDI, dan RM berikut. Seperti file komputer lainnya, tidak semua file audio dapat dibuka dengan aplikasi.

Selain di atas, masih banyak jenis file yang berada di komputer tergantung bagaimana penggunaannya. Umumnya, semua jenis file komputer ini dikelompokkan ke dalam folder khusus menurut tipenya. Dengan mengelompokkan file dalam folder khusus, pengguna dapat dengan mudah menemukan file tersebut saat dibutuhkan.

Demikian penjelasan cara memahami file, jenis, fungsi, dan semoga menurut para ahli apa yang sedang dijelaskan dapat bermanfaat. Terimakasih banyak.

Sumber :