Pengertian Geologi – Pengetahuan, Alam, Sejarah, Cabang Ilmu

Kata geologi sendiri berasal dari kata Yunani “geos” yang artinya bumi dan “logos” yang artinya ilmu. Dapat disimpulkan bahwa geologi adalah suatu ilmu (kajian) yang mempelajari materi bumi secara menyeluruh, misalnya: asal usul, struktur, penyusun kerak bumi, berbagai jenis proses yang berlangsung dan kemudian pembentukannya atau yang sedang berlangsung, hingga ke keadaan bumi sekarang.

pengertian-geologi

Seseorang yang ahli atau ahli di bidang geologi disebut dengan ahli geologi. Pekerjaan seorang ahli geologi adalah melakukan penelitian untuk mengungkap misteri yang belum terpecahkan seputar proses yang terkait dengan bahan yang membentuk atau membentuk planet bumi ini. pergerakan atau perubahan yang terjadi seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, serta pencarian dan penemuan bahan tambang yang dapat diambil dari perut bumi, seperti minyak bumi, gas dan bahan tambang lainnya.

Tugas seorang ahli geologi juga mempelajari berbagai ciri bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, gunung berapi, dll. Ahli geologi juga dapat memprediksi / memprediksi atau memperkirakan bagaimana cara menghindari bencana alam tersebut. Di bawah ini adalah pengertian geologi yang dikemukakan oleh para ahli.

Pahami geologi menurut para ahli

Berikut pengertian geologi yang diberikan oleh ahli geologi ():

Bates dan Jakson (1990)

Menurut Bates dan Jakson, geologi adalah suatu kajian (ilmu) yang mempelajari planet bumi, khususnya bahan pembuatnya, proses-proses yang terjadi, hasil dari proses-proses tersebut, sejarah planet, serta bentuk kehidupan sejak bumi terbentuk (dikutip dalam Sutanto, 1999). “

Djauhari Noor (2012)

Menurut Djauhari Noor, geologi merupakan bidang penelitian (ilmu) yang meneliti atau mengkaji segala sesuatu tentang planet bumi beserta isinya yang pernah ada. Geologi adalah suatu kelompok keilmuan yang membahas tentang sifat dan material bumi, strukturnya, proses yang berlangsung baik di atas maupun di permukaan bumi, posisinya di alam semesta dan juga sejarah perkembangan sejak terbentuknya bumi (lahir). di alam hingga sekarang.

Holmes (1965)

Geologi menurut pandangan Holmes adalah kajian (ilmu) yang menggambarkan atau menggambarkan evolusi bumi dan penghuninya dari pembentukannya hingga saat ini, yang dapat dilihat pada batuan.

Katili (1970)

Geologi menurut Katili adalah pengetahuan tentang penyelidikan (penelitian) geologi lapisan batuan di kerak bumi.

Munir (1996)

Geologi Dalam pandangan Munir, geologi merupakan cabang (kajian) ilmu yang mempelajari fenomena yang berhubungan dengan terbentuknya bumi, keberadaan bumi, dan fenomena lain yang berhubungan dengan bentuk alam.

Noer Aziz M. dkk. (2002)

Geologi adalah ilmu yang mempelajari (ilmu) bumi dan bumi adalah suatu kelompok kajian yang utuh, asal-usulnya, strukturnya, komposisi, sejarahnya (termasuk evolusi kehidupan), serta proses alam yang ada dan terus berlangsung yang membuat bumi jadi.

Parker (1997)

Geologi adalah ilmu yang mempelajari (ilmu) bumi, sejarah fisik, dan kehidupan dalam batuan, termasuk studi (ilmu) fitur geologi pada suatu daerah seperti B. geometri bentuk batuan, pelapukan dan erosi serta sedimentasi. (dalam Harisutanto).

Brooks Tertulis (1972)

Geologi adalah studi (ilmu) bumi mengenai asal-usulnya, strukturnya, komposisi dan sejarahnya (termasuk evolusi kehidupan) serta proses yang menyebabkan keadaan bumi saat ini.

Jenis geologi

Geologi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu geologi fisik dan geologi dinamis. Berikut ini penjelasan tentang berbagai jenis geologi, yang terbagi menjadi dua wilayah:

Geologi fisik

adalah ilmu yang mengkhususkan pada kajian atau kajian tentang berbagai sifat fisik suatu planet, khususnya bumi, seperti komposisi dan komposisi bahan penyusun bumi, membran udara yang menutupi permukaan bumi, terutama bagian-bagiannya. membuatnya melekat pada planet bumi dan berinteraksi dengannya, kemudian dengan membran, air atau yang disebut hidosfer, dan juga pada berbagai proses yang berlangsung di permukaan bumi dan dipicu oleh adanya energi matahari dan tarikan gravitasi planet bumi. Proses ini dapat digambarkan sebagai pelapukan, erosi, penghilangan dan juga pengendapan. Itulah pengertian geologi fisik atau geologi fisik.

Geologi dinamis

Geologi dinamis adalah ilmu (science) geologi yang mempelajari dan juga membahas tentang dinamika bumi. Halaman ini berkaitan dengan, atau berkaitan dengan, berbagai jenis perubahan yang terjadi di belahan bumi dan disebabkan oleh adanya gaya yang dipicu oleh energi, misalnya dari perut bumi, seperti perut bumi. bumi. B. Aktivitas magma yang dapat ditimbulkan vulkanisme, pergerakan litosfer oleh arus konveksi, gempa bumi serta pembentukan cekungan sedimen dan pegunungan. Poin-poin di atas adalah definisi dari geologi dinamis.

Dan inilah aplikasi atau contoh aplikasi geologi

Penerapan kajian (ilmu) geologi penting dilakukan di beberapa bidang lain. Penggunaan studi geologi (ilmu pengetahuan) semakin berkembang dan saat ini juga semakin dibutuhkan. Berikut ini adalah contoh wilayah yang membutuhkan aplikasi geologi:

Geologi petrolum (petroleum) digunakan untuk mengetahui perangkap-perangkap minyak bumi dan gas alam.
Penambangan (Miming Geology) digunakan untuk mengetahui suatu proses pembentukan endapan mineral ekonomis, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia.
Hidrogeologi (hidrologi) digunakan untuk memperoleh informasi tentang suatu kejadian penggunaan airtanah.
Geologi lingkungan adalah geologi yang sangat diperlukan untuk menilai interaksi manusia dengan lingkungan.
(Teknik Geologi) Geologi teknik dapat digunakan untuk mempelajari hubungan antara geologi dan berbagai masalah teknik.

Sumber :