Pengertian Logika, Fungsi, Jenis beserta Contohnya

Pahami logika

pengertian-logika

Konsep logika adalah perenungan pikiran manusia yang diungkapkan melalui kata-kata dan diungkapkan dalam bahasa. Atau dapat juga diartikan bahwa logika adalah cara orang berbicara untuk merefleksikan / menjelaskan cara berpikirnya. Saat ini logika ini dimaknai secara etimologis sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana pemikiran seseorang diungkapkan / diungkapkan dalam bahasa.

Setiap orang pasti selalu berpikir untuk menyelesaikan segala sesuatu secara ilmiah atau meyakinkan orang lain. Masing-masing pernyataan tersebut harus dibuktikan sehingga ada pemikiran dalam logika yang dapat membuktikan suatu pernyataan atau ucapan yang dibuat. Logika ini juga termasuk cabang filsafat yang membahas tentang inferensi dan juga proses berpikir dalam mencapai suatu kebenaran.

Logika ini berguna untuk melakukan penelitian / menganalisis, merumuskan dan juga menerapkan aturan-aturan sehingga logika ini bukan sekedar teori, melainkan kemampuan untuk menerapkan aturan-aturan yang berkaitan dengan berfikir dalam praktek atau dalam tindakan. Ilmu logika juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari cara berpikir jernih, tepat, dan teratur.

Pahami logika menurut para ahli

  • Logika adalah ilmu dan kemampuan untuk berpikir jernih. Tt (1999: 71)
  • Logika adalah perenungan atas nalar atau pemikiran yang diatur oleh kata-kata dan juga diungkapkan dalam bahasa. Jan Hendrik Rapar, (1996: 5)
  • Logika adalah ilmu dan kemampuan untuk berdebat, berpikir dengan benar. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso. (2006: 13)
  • Logika adalah metode atau teknik yang dirancang untuk mempelajari keakuratan logika. Soekadijo, (1983-1994: 3)
  • Logika Aristoteles merupakan doktrin berpikir yang secara ilmiah membahas tentang bentuk berpikir itu sendiri dan juga hukum-hukum yang mengatur pikiran. (Harun, 1980) Surajiyo, Sugeng Astanto, Sri Andiani (… ..: 10)
  • William Alston: Logika adalah studi tentang inferensi, dengan upaya yang lebih cermat dilakukan untuk membuat pengukuran untuk memisahkan kesimpulan yang valid dan tidak valid. Surajiyo, Sugeng Astanto, Sri Andiani (… ..: 9)

Fungsi logika

Di bawah ini adalah beberapa kegunaan logika, termasuk yang berikut ini:

  • Mampu meningkatkan kemampuan berpikir hati-hati dan lebih obyektif.
  • Mampu mengasah pola pikir dan lebih mandiri dalam menyelesaikan suatu masalah.
  • Mampu menghindari kesalahan atau kekeliruan dengan suatu hal / pernyataan.
  • Untuk dapat mendorong seseorang agar terbiasa berfikir sendiri sesuai kaidah yang sistematis.
  • Mampu melakukan analisis terhadap suatu peristiwa atau kejadian.
  • Mampu berpikir lebih kritis dan tepat.

Jenis logika

Secara umum logika ini terbagi menjadi dua (2) jenis, diantaranya sebagai berikut:

Sebuah. Logika alami

Logika alamiah adalah logika kinerja pikiran manusia, yang selalu berfikir cermat, tepat dan langsung sebelum pemikiran dipengaruhi dari luar, misalnya keinginan yang bersifat subjektif. Logika alam ini sudah ada sejak manusia dilahirkan, jadi logika ini murni sifatnya.

b. Logika ilmiah

Jika seseorang secara sistematis dibimbing untuk menguasai cara berpikir yang benar dan juga ketaatan pada aturan dan kebenaran dalam menghadapi cara berpikir, maka ini akan mengarah pada logika ilmiah bahwa pikiran bekerja lebih tepat dan lebih cermat. lebih teliti dan tentu saja lebih lurus. Logika ilmiah ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam memikirkan sesuatu sehingga kesalahan dapat dikurangi. Logika ilmiah ini dipecah menjadi dua (2) bagian, diantaranya sebagai berikut:

  • logika formal
    Ini adalah logika yang berbasis proposisi, sehingga proposisi yang menjadi dasar kesimpulan harus relevan, bentuk dan strukturnya juga harus benar. Jika dasarnya salah, kesimpulannya juga salah pada akhirnya, sehingga kesimpulan yang benar dicapai melalui pemikiran yang benar berdasarkan hasil penyelidikan.
  • Logika material
    Ini adalah logika yang dapat membuat kesimpulan atau pernyataan berdasarkan materi atau objektivitas. Dalam logika ini, materi memainkan peran penting. Logika material ini disebut juga dengan logika matrelisme, yang artinya materi merupakan faktor terpenting dalam menyimpulkan sesuatu secara akurat. Jadi logika material merupakan logika yang dapat menarik kesimpulan berdasarkan keadaan objek atau material, sehingga material tersebut menjadi dasar dalam pembuatan pernyataan.

Contoh logika

Di bawah ini adalah beberapa contoh logika sederhana. Misalnya ada kalimat atau pernyataan yang tidak masuk akal sehingga pernyataan tersebut tidak dapat dijelaskan dan penalarannya salah.

Contoh kalimat seperti “Orang bisa bernapas di bawah air dengan paru-parunya”,

Jelas pernyataan itu tidak benar. Manusia tidak dapat bernapas di bawah air karena paru-paru kita tidak dapat memisahkan dan menyerap O2 dari air. Paru-paru manusia dirancang untuk menyerap udara, bukan air.

Itulah penjelasan tentang logika, fungsi, tipe, dan contoh. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :