Periklanan adalah: karakteristik, tujuan, istilah, jenis, fungsi, keunggulan

Definisi periklanan
Buka baca cepat

Iklan adalah suatu pesan yang isinya menarik dan menarik masyarakat luas agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Berdasarkan istilahnya, iklan berasal dari bahasa Yunani yang berguna untuk membuat orang melihat sudut pandangnya.

Pahami periklanan menurut para ahli

Periklanan-adalah-karakteristik-tujuan-istilah-jenis-fungsi-keunggulan

Berikut beberapa pendapat tentang pentingnya beriklan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Courtland L. Bovee

Menurut Courtland L. Bovee, periklanan adalah hubungan non-individu yang umumnya dibayar dan bersifat persuasif untuk produk atau jasa seorang promotor yang dipublikasikan di berbagai media.
2. Menurut Kotler

Menurut Kotler, periklanan adalah suatu bentuk pelayanan dan periklanan untuk suatu produk atau jasa yang tidak disediakan secara individual oleh penyelenggara khusus dan biasanya harus dibayar oleh suatu media.

3. Menurut Rhenald Kasali

Menurut Rhenald Kasali, periklanan merupakan permintaan untuk memasarkan produk atau jasa yang disampaikan kepada khalayak melalui media.
4. Menurut Fandi Tjiptono (2008: 225)

Akibatnya, periklanan adalah salah satu bentuk periklanan paling umum bagi bisnis untuk mengiklankan produk mereka.
5. Menurut Machfoedz (2010: 139)

Iklan semacam itu adalah segala bentuk penyajian dan iklan informasi tidak langsung yang dilakukan oleh sponsor untuk menawarkan ide, barang atau jasa.
6. Menurut Ibrahim dalam Rina (2008)

Sebuah iklan dikatakan memiliki sejumlah fungsi yang dimaksudkan oleh perancang atau pengiklannya.
7. Menurut M. Suyanto (2005: 113)

Iklan memiliki strategi untuk dipertimbangkan: daya tarik, gaya hidup, logo, ikon, dan format.
8. Menurut Wells (1992)

Iklan adalah komunikasi non-pribadi yang dibayar oleh sponsor yang menggunakan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi khalayak.
Baca lebih lanjut: Memahami Rapat

9. Menurut PPPI (Asosiasi Perusahaan Periklanan Indonesia)

Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
10. Menurut Dunn & Barban (1996)

Periklanan merupakan komunikasi non personal melalui berbagai media yang dibayar oleh perusahaan, nirlaba, dan individu dengan pesan iklan yang diharapkan dapat menginformasikan atau membujuk orang tertentu yang akan membaca pesan tersebut.
11. Menurut Russell & Lane (1990)

Pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui berbagai media komunikasi massa.
12. Menurut Gilson & Berkman (1980)

Periklanan adalah media komunikasi yang menarik yang dapat digunakan untuk menghasilkan jawaban dan mencapai tujuan pemasaran.
Fitur periklanan

Berikut ini adalah beberapa ciri dari periklanan yaitu sebagai berikut:

Gunakan kata-kata yang akurat, akurat, rasional, dan sopan
Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan mudah dikenali oleh pengguna
Terima notifikasi pengguna
Iklan harus komunikatif dan informatif

Tujuan periklanan

Di bawah ini adalah beberapa tujuan periklanan:

Menerima informasi tentang jumlah yang dihadapi produk atau layanan perusahaan. Bahasa persuasif digunakan dalam periklanan dengan menunjukkan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
Hal ini menyebabkan individu lain yang memiliki ambisi pasar untuk menggunakan dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan kepada pengguna.

Kondisi periklanan

Di bawah ini adalah beberapa persyaratan periklanan berikut:

Penggunaan bahasa dan kata harus teratur dan tidak boleh memiliki nilai ganda
Gunakan bahasa yang menarik dan mudah dikenali oleh publik
Periklanan terjadi sesuai dengan tata bahasa atau etika
Tidak diperbolehkan menurunkan atau menghina perusahaan lain
Periklanan dilakukan secara jujur ​​sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Jenis iklan

Jenis periklanan berikut adalah:
1. Iklan media cetak
Iklan media cetak

Iklan baris biasanya terdiri dari tidak lebih dari 3-4 baris sampai luas kolom tidak melebihi satu kolom. Iklan ini dibuat dan diterbitkan dengan menggunakan teknik pencetakan. Bentuk iklan ini bisa ditemukan di koran, majalah, baleho, poster, stiker, dan lain-lain. Berdasarkan ruang dan ukurannya, setidaknya ada 3 bentuk iklan ini, yaitu:

Iklan kolom adalah ukuran kolom, tetapi lebih besar

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/