Pers adalah: definisi, karakteristik, fungsi, jenis

Definisi pers
Buka baca cepat

Pers adalah pranata sosial dan sarana komunikasi massa yang menyelenggarakan kegiatan jurnalistik yang meliputi pencarian, penerimaan, kepemilikan, penyimpanan, pengolahan dan penyampaian informasi berupa teks, bunyi, citra, bunyi dan citra, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lain dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala macam saluran yang tersedia.

Pers-adalah-definisi-karakteristik-fungsi-jenis
Menurut para ahli, pahami pers

Di bawah ini beberapa definisi yang digunakan pers, menurut para ahli lainnya, sebagai berikut:
1. J.C. T. Simorangkir

Menurut J.C.T. Simorangkir adalah pengertian pers, arti pers dalam arti sempit, dan pers dalam arti luas. Dalam hal ini, kepentingan pers dalam arti yang lebih sempit hanya terbatas pada surat kabar harian, surat kabar mingguan, dan majalah. Pengertian pers dalam arti luas tidak terbatas hanya pada surat kabar, majalah, tabloid mingguan, tetapi juga mencakup radio, televisi dan film.
2. L. Taufik

Menurut L. Taufik, pentingnya pers adalah upaya alat komunikasi massa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, hiburan, keinginan untuk mengetahui peristiwa atau berita yang sedang atau akan terjadi khususnya di sekitar mereka dan di dunia pada umumnya.
Baca lebih lanjut: Kegiatan ekonomi

3. Frederich S. Siebert

Menurut Frederich S. Siebert, pengertian pers dipahami sebagai semua media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan jurnalistik atau tidak, serta media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan jurnalistik tertentu.
4. Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji, pengertian pers terbagi menjadi dua bagian, yaitu pers dalam arti sempit dan pers dalam arti luas. Dimana dalam arti sempit Dilam adalah pers, ini berarti menyebarkan gagasan dan perasaan seseorang secara tertulis. Dalam arti yang paling luas, pers dimaksudkan untuk menyampaikan pemikiran atau gagasan dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun lisan dengan menggunakan semua alat media komunikasi yang tersedia.

5. Kustadi Suhandang

Menurut Kustadi Suhandang, definisi pers adalah seni atau kemampuan untuk mencari, mengumpulkan, mengolah, mengumpulkan, dan menyajikan berita dari peristiwa sehari-hari untuk memenuhi semua kebutuhan nurani penikmatnya.
Properti pers

Beberapa fitur pers adalah:

Periodisitas, yaitu suatu lembaga disebut pers jika dapat secara teratur dan teratur menerbitkan informasi dan berita. Periodisitas berkaitan dengan jadwal publikasi, ritme dan konsistensi publikasi.
Advertising, artinya pers harus mampu menyampaikan berita / informasi kepada khalayak dengan tujuan yang beragam, baik secara psikografis maupun geografis.
Ketepatan waktu artinya semua berita / informasi yang dipublikasikan harus memiliki sesuatu yang baru atau up-to-date.
Universalitas, intinya banyak informasi di pers, tapi selalu ada satu topik yang menjadi headline utama.
Objektivitas, yaitu nilai dan norma etika yang harus ditaati oleh surat kabar dalam menjalankan profesi jurnalistiknya. Pesan apa pun yang disajikan harus dapat dipercaya dan menarik perhatian pembaca tanpa mengganggu perasaan dan pendapatnya. Kebenaran tentang isi pesan yang disampaikan tidak menimbulkan tanda tanya

Fungsi pers

Di bawah ini adalah beberapa fitur pers termasuk:

Sebagai media komunikasi
Sebagai alat yang memberikan informasi kepada publik dalam bentuk pesan
Sebagai media pendidikan
Sebagai media hiburan
Sebagai media kontrol sosial yang menangani hal-hal buruk yang bertentangan dengan hukum agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat.
Sebagai lembaga bisnis, hal ini berarti bahwa peliputan dapat memiliki nilai jual yang tinggi dan beriklan yang memberikan keuntungan bagi pers.
Menyampaikan informasi persuasif yang mencakup ajakan untuk melakukan sesuatu, biasanya dalam bentuk ajakan bertindak, ceramah, promosi layanan masyarakat, dll.

 

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/